IDEO ways

Nah, kali ini tugas mid termku.. tentang IDEO..

Pertama kali baca di papan tulis ttg IDEO ini, aku kira yg nulis salah nulis yg dimaksud “IDEA” tapi malah “IDEO”.. Soalnya aku ga ngerti sama sekali tentan IDEO ini. Akhirnya aku mulia bertanya sama om google dan tante wiki.. Baru deh dapet pencerahan tentang IDEO ini.. 🙂

152px-Ideo_logo.svg

IDEO adalah desain dan inovasi konsultasi berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat dengan dinas lainnya di San Francisco, Chicago, New York, Boston, London, Munich dan Shanghai. Membantu perusahaan merancang produk, jasa, lingkungan, dan pengalaman digital. Selain itu, perusahaan telah menjadi semakin terlibat dalam konsultasi manajemen.

IDEO dibentuk pada 1991 oleh pergabungan tiga perusahaan desain mapan: David Kelley Design (didirikan oleh David Kelley, yang juga seorang profesor di Universitas Stanford), ID Dua (didirikan oleh Britain’s Bill Moggridge), dan Matrix Product Design (didirikan oleh mike Nuttall). Kantor-Steelcase pembuat furnitur digunakan untuk memiliki saham mayoritas di perusahaan , tetapi lepas anak perusahaan melalui pengelolaan lima tahun program buy back yang dimulai pada 2007. pendiri perusahaan pendahulu masih terlibat dalam perusahaan. CEO yang sekarang adalah Tim Brown.

Perusahaan mempekerjakan sekitar 550 orang dalam disiplin faktor Manusia, Mechanical, Electrical dan Software Engineering, Desain Industri, dan Desain Interaksi. IDEO telah bekerja di ribuan proyek untuk sejumlah besar klien dalam konsumen, komputer, kedokteran , perabotan, mainan, kantor dan industri otomotif. Contoh terkenal adalah mouse pertama Apple, Microsoft tikus kedua, Palm V PDA, dan Steelcase’s Leap kursi. Mayor klien (seperti tahun 2004) termasuk Procter & Gamble, PepsiCo, Microsoft, Eli Lilly, dan Steelcase.

Pada tahun 1999, perusahaan merupakan subyek dari “Dive Deep” episode ABC Nightline; mereka keranjang belanja didesain ulang dalam lima hari. Pada tahun 2001, IDEO manajer umum Tom Kelley wrote ‘The Art of Innovation,’ dan lebih baru-baru ini , “The Ten Faces of Innovation.”

IDEO telah memenangkan lebih dari BusinessWeek / IDSA Industrial Design Excellence Award dari perusahaan lain. IDEO telah menempati ranking teratas dalam daftar top 25 perusahaan paling inovatif oleh BusinessWeek dan melakukan konsultasi pekerjaan untuk 24 perusahaan lain dalam daftar top 25.

Nah, si IDEO ini punya cara tersendiri dalam menjajaki karirnya.. Pertama, IDEO melakukan observasi terhadap pasar, yaitu tentang apa aja yg dibutuhin oleh pasar, setelah itu barulah mereka brainstorming ide2..mereka sama sekali tidak pernah membatasi ide yang keluar.. setelah ide terkumpul, barulah mereka membuat prototype yang gunanya sebagai percobaan (trial and error), dari percobaan ini, bakal muncul banyak ide yg dapan mengembangkan suatu produk. Menurut mereka, untuk membuat suatu produk yg kreatif, tidak harus sekali bikin langsung sukses, tapi dengan prototype ini, bakal banyak ide lain yang muncul.. Setelah tahap prototype, mereka melakukan refining, yang maksudnya untuk mempersempitkemungkinan2 ide2 pada prototype, dengan kata lain, mereka menyaring ide2 yg muncul, lalu mereka terapkan pada protoype tersebut, setlah melakukan berbagai pertimbangan, barulah mereka memutuskan produk jadi, proses ini disebut sebagai proses pelaksanaan..

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus mencontoh cara berpikir IDEO yang secara kreatif dalam membuat suatu produk.. Gakpapa kalo kita mulai dengan iseng2 membuat sesuatu yang kiranya dapat sedikit memenuhi kebutuhan ataupun keinginan kita, lalu pelan2 kita kembangkan dgn cara brainstorming itu, naah.. baru deh buat suatu produk yg sukses.. Oia, sukses juga ga bisa diraih secara instan, semua butuh proses. So, thinking creative to build a better life! heheheheh.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: